GITARIS TERHEBAT DUNIA

Yngwie Malmsteen VS Steeve Vai

Jimy Hendrix yang meninggal 18 September 1970, diakui sebagai cikal bakal gitaris rock. Permainannya menginspirasi gitaris generasi bawahnya. Adapun yang paling mendewakan yaitu Yngwie Johan Malmsteen. Gitaris asal Swedia itu terkagum-kagum saat melihat aksi Jimy Hendrix. Kala itu Yngwie masih berumur 7 tahun. Gaya menawan Jimy Hendrix, membawa Yngwie untuk belajar gitar. Sebelumnya Yngwie Belajar piano.
Musik Jimy tergolong sederhana, namun keberanian mengexplore gitar, mengejutkan banyak musisi dan pengamat pada era itu. Ciri khas Jimy adalah memetik gitar dengan gigi. Yngwie meniru tekhnik itu jika sedang konser. Album Jimy (The Jimy Hendrix Experienced) Are you Experienced ? dinobatkan sebagai album terbaik abad 20 versi majalah Guitar Worlds (2000). Majalah Mojo (2003) dan Guitarist (1994) pun memberi gelar yang sama : album The Best Guitar.

Yngwie Johan Malmsteen tak kalah ajaib dengan idolanya. Massa remajanya sudah menjadi incaran banyak band. Pernah ditawari gabung Uvo dan Dio, namun Yngwie memilih Alcatrazz. Karena boleh bikin lirik. Egonya yang tinggi membuatnya memilih bersolo karir. Tahun 1984, Yngwie merilis album perdana Yngwie Malmsteen’s Rising Force. Album itu sempat masuk nominasi Grammy Awards Kategori instrumental rock terbaik dan dihargai pula sebagai The Album of The Years. Yngwie sendiri di baptis sebagai Best New Talent. Kecepatan di baur sound klassic, adalah ciri khas Yngwie. Wajar jika dijuluki The King of Neoclassic. Yngwie juga disebut The God Finger oleh gitaris dunia.

Hall of Fame
Hall of Fame

Banyak perbedaan seperti Yngwie Malmsteen dan Steeve Vai gitaris yang memainkan banyak aliran contohnya jazz, blues, dan metal. Sama seperti Jimy Hendrix, Steeve Vai jago memainkan suara aneh. Dari ringgik kuda, bayi menangis, hingga orang tertawa. Steeve Vai dikenal orang yang inovatif, karena Ia berevolusi dengan gitar tiga neck dan tujuh string.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: